Selasa, 27 Februari 2018

Tantangan Baru



Hm… jurnal fasil bagian empat yang sempat ketulis :-p
Di level kali ini ada something new.. yang bikin senyum senyum sendiri lagi dan sambil tutup muka. Game level ini adalah mengenai kecerdasan anak, saat share materi level 4 dan malam nya berdiskusi ada hal yang menarik, pertanyaan yang masuk sesaat sebelum diskusi adalah seputar macam - macam kecerdasan, bagaiman cara observasi nya dan beberapa curhatan dari para peserta tentang keadaan anak - anak di rumah mereka. Diskusi kelas malam ini  allhamdulillah rame, chemistri dan komitmen di kelas sudah mulai full loaded.

Menurut saya jawaban yang saya berikan pada saat itu sudah sesuai dengan materi tentang apa dan bagaimana cara menstimulasi dan observasi kecerdasan anak - anak. Unik nya ada salah satu peserta yang langusung sharing dan memberikan statemen “ saya ada pengalaman ini, nanti saya japri ya… ” dan beberapa pertanyaan dari peserta selalu di selipi dengan pernyataan seperti ini ;-)...

wkwkwkwkwkwk… `saya kudu ngguyu` bahasa jawa nya. Ini saya yang kurang pinter jawab atau memang saya kurang wawasan ya waktu memberikan jawaban? karena pada inti nya jawaban yang saya berikan memang bukan langsung jawaban yang di harapkan para peserta, tetapi saya membantu para peserta menggali dan berpikir bagaimana menyelesaikan pertanyaan yang di sampaikan sehingga muncul AHA moment saat proses berdiskusi dengan bertanya.

yah nama nya banyak kepala, serta kebiasaan kita yang sebelumnya selalu ingin mendapatkan jawaban instan terkadang membuat para peserta “malas” di ajak berdiskusi dan lebih antusias dengan komentar “nanti saya japri ya..”

Saya jadi bertanya - tanya lagi dalam hati… “apakah alur diskusi saya garing ya” … auk ah helaph :-)

Anyway… keadaan ini membuat saya berpikir lagi bagaimana cara nya agar suasana kembali normal dan ga ada japri japrian. Akhir nya saya ikutan komen deh… “saya juga mau donk ilmu nya….share disini aja mbak… “ di ikuti peserta lain dengan komentar yang sama dengan saya, dan… jawab nya…. “(tidak ada balasan untuk chat saya ini)”

Saat ada pertanyaan lagi, muncul lagi den komentar saya japri wkwkwkwkwk… kudu mancing lagi nih, “tips nya bagi disi ni aja dong mbak… kita semua adalah murid dan kita semua adalah guru (pake emo senyum lebar)” di ikuit peserta yang lain dan perangkat kelas juga, dan… di jawab “maaf saya belum bisa mengetik banyak malam ini”
dueng…. jawabannya ah… sesuatu banget….. pake jurus semua guru semua murid baru kena deh wkwkwk
saya jawab lagi “ besok - besok juga ga papa, kita sabar menunggu (pake emo kedipin mata) plus kasih hastag edisi maksa” hehehehhe…
peserta yang lain pun mulai berkomentar agar bagi ilmu nya di grup saja dan kelas rame banget. akhirnya si mbak ini tadi pun berkomentar “baik, akan saya share besok ya…. karena malam ini tidak memungkinkan saya utuk ngetik panjang”
hm…. si mbak ini jawabannya….. bikin gemes,
Allhamdulillah… batin saya, suasana di kelas bisa kembali normal. prinsip saya ga boleh baper.

Keesokan hari nya si mbak menepati janji nya dengan sharing pengalaman dalam menstimulasi kecerdasan anak di rumah nya. Luar biasa ilmu nya…. beliau membagi kan tips yang lumayan banyak tentang montesori. Seandai nya ilmu yang begini di berikan japri japri pasti sayang banget. dengan demikian semua peserta dapat mengambil manfaat dari ilmu yang beliau bagi di hari itu.

Walaupun sedikit kecewa juga sih, karena masih banyak peserta di kelas ini yang mau nya dapat jawaban instan saja atas pertanyaan yang disampaikan. Padahal dengan menemukan AHA moment saat proses berdiskusi itu “sesuatu banget”

Keadaan ini membuat saya lebih berinstrospeksi diri, sebagai fasil wajib hukum nya menambah wawasan tentang yang sedang di fasilitasi saat ini. mampu membina suasana di kelas dan mengembalikan fungsi kelas, hal ini ga bisa dilakukan sendiri jadi harus bareng - bareng dengan perangkat kelas. dan…. sebutin mantra “jangan baper” berulang ulang dalam hati kalau menghadapi situasi begini plus istighfar…. yang banyak…. hehehehe

jadi…..
tantangan baru untuk di hari yang baru bikin ngefasil jadi tambah seru…. so… what next????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemilu Hexagon city di pekan ke-2

 Seperti layaknya seseorang yang berada di sebuah kota baru. Beradaptasi mulai dengan berkenalan dengan lingkungan sekitar, berkumpul dengan...