Sabtu, 25 Februari 2017

Memulai dengan jadwal kegiatan lagi


Sabtu, 25 febuari 2017

Bismillahhirrahmanirrahim

Beberapa hari asyik dengan memperhatikan anak – anak belajar mandiri, ada hal yang terlewatkan dan terlupakan begitu saja. Ini karena kelalaian saya yang tidak bisa continu dalam mendampingi dan merasa jika sudah bisa ya sudah percaya saja dan melepas dengan harapan anka – anak teruatama kakak akan terus melaksanakannya secara konsisten.

Ada hal yang terlupakan dalam hal ini bahwa mereka adalah anak – anak dan tetap anak – anak. Bukan orang dewasa sehingga dalam aplikasi kegiatan sehari – hari masih perlu dan selalu di dampingi orang tua nya.

Hal yang terlupakan itu dadalah jadwal kegiatan harian yang dulu pernah kita buat dan sepakakti bersama – sama.
JADWAL KEGIATAN HARIAN ELRA

JAM
AKTIVITAS
SENIN
SELASA
RABU
KAMIS
JUM`AT
SABTU

MINGGU






































 ๐Ÿ‘†Adalah table sederahana yang saya buat untuk anak – anak tertuama elra (kakak) Sedangkan isi aktivitas adalah kegiatan sehari – hari yang akan dilakukan dan biasa dilakukan setiap hari.

Kegiatan ini yang menentukan elra sendiri mulai dari aktivitas bangun pagi yang menentukan jam nya adalah elra, setelah itu sholat subuh, mandi, sarapan dan lain sebagai nya sampai dengan sore hari.

Khusus untuk hari sabtu dan minggu biasa nya kami buat jadwal kegiatan bersama – sama, karena sabtu minggu anak – anak libur sekolah dan saya bekerja hanya setengah hari. Jadi kami usahakan untuk hari sabtu dan minggu adalah untuk bermain dan beraktivitas bersama  bersama sepanjang hari.

Game level 2 ini mengingatkan saya dengan jadwal yang sudah kami buat sekitar 2 bulan yang lalu, karena ada gangguan kesehatan yang membuat saya tidak bisa menemani elra dalam melaksanakan jadwal kegiatannya membuat aktivitas ini terpurtus lagi. Hari ini kami sepakat akan memulai lagi. Dengan mengumpulkan stiker bintang (jika kegiatan berhasil dilaksanakan) dan stiker emo cemberut jika tidak berhasil dilaksanakan, ini adalah kesepakatan awal yang dulu pernah kami buat, dan sekarang akan kami mulai lagi.

HUpps… tarik nafas panjang dan hembuskan… semoga bisa continu dan konsisten. Kegiatan yang sudah kami sepakati antara lain :

1.       Bangun pagi jam 05.00

2.      Mandi lanjut sholat subuh

3.     Bantu ibu beres rumah dengan menyapu jam 5.30

4.       Sarapan jam 06.00

5.       Persiapan berangkat sekolah dan nunggu jemputan  jam 06. 20 elra baca buklu sekolah hr ini yang di inginkan utnku di baca atau bermain dengan adik atau bantu ibu menyiapkan bekal

6.       Berangkat sekolah 06.40

7.       Sekolah 07.00 – 16.00

8.       Pulang sekolah langsun g  mandi dan cuci tempat bekal, menyiapkan buku buat besok sekolah jam 16.00 – 17.00

9.       waktu bermain dengan adik ( santai) jam 17.00 – 20,30
a.       17.45 – 18..15 sholat maghrib dan baca buku nggaji/murojaah (sesuka elra)
b.      19.00 sholat isya

10.   Tidur (masuk kamar persiapan tidur jam 20.30 biasa nya kami isi dengan bercerita tentang aktivitas seharian tadi atau membacakan buku buat anak – anak. Karena sewaktu menentukan jam sekian untuk tidur, anak – anak tidak bisa langsung tidur jadi kami biasa nya bercerita sambil tiduran

Jadwal sudah disepakati, dan dimulai sore ini, untuk kegiatan setelah pulang sekolah sampai malam sebenarnya hampir dikerjakan semua, karena memulai lagi…. Ya ada beberapa hal yang tidak dilakukan sseperti membaca al-qur,an setelah sholat, karena asyik bermain terkadang  sampai sholat nya terlewatkan

Dan.. harapan saya semua kegiatan itu bisa dilaksanakan sendiri kedepannya tanpa harus saya ingatkan. Elra akan terbioasa dengan jadwal yang di buat dan berkomitmen dengan keputusan yang di buat elra sendiri.

Semangat untuk berubah ….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemilu Hexagon city di pekan ke-2

 Seperti layaknya seseorang yang berada di sebuah kota baru. Beradaptasi mulai dengan berkenalan dengan lingkungan sekitar, berkumpul dengan...